3 Manfaat Waralaba Kritis

Berinvestasi dalam bisnis waralaba mungkin masuk akal bagi Anda, terutama jika itu adalah langkah awal Anda menjadi pemilik bisnis. Dengan memilih waralaba yang tepat, Anda dapat mengurangi beberapa tantangan umum yang terkait dengan startup bisnis kecil. Memanfaatkan model dan sistem franchisor yang telah terbukti, Anda idealnya dapat memitigasi banyak risiko yang terkait dengan pembukaan bisnis baru. Dari pemilihan lokasi awal hingga praktik terbaik operasional sehari-hari yang berkelanjutan, waralaba yang kuat akan memberikan Waralaba Makanan manfaat signifikan untuk membantu Anda mencapai kesuksesan. Namun, ada tiga manfaat penting yang menurut saya harus Anda pertimbangkan ketika mengevaluasi dan memilih waralaba yang tepat untuk Anda: merek, leverage, dan sistem .

Merek:

Apa nilai merek waralaba di target pasar geografis Anda? Mungkin merek memiliki kehadiran yang hebat di Timur Laut, tetapi itu mungkin memiliki sedikit atau tidak ada nilainya bagi Anda jika Anda mempertimbangkan untuk membuka unit pertama di Barat Daya. Sebagian besar dari apa yang Anda bayar adalah pengakuan merek bahwa pemilik waralaba secara ideal telah berinvestasi dan berkembang.

Merek yang kuat, positif, dan mapan adalah salah satu keuntungan terbesar dari waralaba. Akan sangat sulit untuk membangun merek sendiri ke tingkat yang dapat dicapai oleh waralaba yang sukses. Merek yang hebat harus memiliki nilai positif di mata pelanggan atau klien yang Anda coba tarik. Pertimbangan penting pada titik ini meliputi:

Apa nilai merek di pasar Anda?

Apakah itu memiliki reputasi positif, atau apakah ada masalah di masa lalu yang telah menodai itu?

Apakah itu merek yang lelah dan usang, atau segar dan relevan?

Jika waralaba yang Anda pertimbangkan baru saja mulai, atau terbatas tidak ada di wilayah Anda, maka Anda harus mengevaluasi kemampuan mereka untuk mengeksekusi. Apa rencana mereka untuk membangun merek yang akan menguntungkan lokasi Anda seiring waktu?

Ketika lokasi waralaba lain buka di area yang sama, adakah anggaran dan rencana untuk memasarkan citra merek secara khusus?

Berapa biaya bulanan Anda untuk berpartisipasi dalam mengembangkan dan mempertahankan merek (ini biasanya merupakan komponen pemasaran dari iuran bulanan kepada pemilik waralaba)?
Leverage Waralaba:

Sistem waralaba yang sukses harus memberikan peluang untuk meningkatkan skala ekonomi yang tidak mungkin atau tersedia untuk usaha kecil yang mandiri. Poin-poin leverage ini dapat mencakup segala sesuatu Waralaba Mie Ayam mulai dari akses preferensial ke pinjaman, hingga daya beli gabungan dari keseluruhan sistem.

Ketika saya memiliki beberapa unit waralaba pizza lokal pada 1990-an, misalnya, saya bisa membeli keju dan bahan-bahan lain dengan harga yang jauh lebih rendah melalui pemilik waralaba daripada yang bisa saya negosiasikan sebagai operator independen. Iklan adalah area lain di mana leverage franchise dapat memberikan keuntungan. Anda mungkin dapat membuat anggaran untuk kampanye radio atau televisi yang efektif sebagai kelompok waralaba, misalnya, yang tidak akan mampu Anda bayar sebagai bisnis yang berdiri sendiri. Peluang untuk leverage yang ditawarkan oleh waralaba dapat meliputi:

Akses yang disukai untuk peminjaman (bank mungkin lebih suka meminjamkan ke waralaba yang sudah mapan dengan siapa mereka memiliki pengalaman).

Turunkan biaya operasional melalui pembelian kelompok (untuk bahan baku, peralatan, dan persediaan operasi lainnya).

Kampanye iklan kooperatif dan leverage.

Pimpin generasi melalui situs web atau pusat panggilan.

Pertimbangan yang lebih menguntungkan oleh tuan tanah yang menghargai reputasi dan kesuksesan historis waralaba.

Jaringan sesama franchisee untuk memberikan saran dan dukungan moral.
Sistem:

The kualitas sistem yang ditawarkan oleh franchisor harus menjadi pertimbangan yang paling penting dalam pilihan Anda waralaba. Sistem mencakup segala sesuatu yang digunakan untuk mengoperasikan bisnis dengan cara yang standar dan berulang . Ini termasuk startup awal dan pelatihan, manual operasi, dan praktik terbaik yang sedang berlangsung yang mendorong peningkatan berkelanjutan dalam model bisnis. Sistem yang komprehensif dan terbukti adalah apa yang memungkinkan perusahaan dikelola sendiri , sebagai lawan dari operasi yang bergantung pada beberapa orang kunci yang memiliki semua pengetahuan di kepala mereka.

Sistem adalah inti dari setiap waralaba yang sukses. Tanpa sistem yang efektif, terbukti dan berulang tidak ada waralaba. Manfaat dari sistem waralaba yang bagus biasanya meliputi:

Model bisnis yang terbukti dan berulang.

Waktu yang lebih singkat untuk membuka bisnis Anda (termasuk bantuan dengan pemilihan lokasi dan desain).

Pelatihan awal yang komprehensif (termasuk operasi dan pemasaran).

Diperlukan sedikit atau tidak ada pengalaman langsung (pemilik waralaba mengajari Anda cara membuat kue kering).

Dukungan & inovasi yang berkelanjutan (termasuk penyempurnaan sistem).
Pasti ada manfaat dan kriteria penting lainnya untuk dipertimbangkan ketika mengevaluasi sebuah waralaba, termasuk sejarah dan rekam jejak mereka, tim manajemen dan dukungan mereka, wilayah yang dilindungi, dan bagaimana konsep bisnis sesuai dengan gaya hidup dan visi Anda.

Seperti halnya peluang bisnis, tidak ada jaminan kesuksesan dan ada kompromi. Ketika Anda memiliki waralaba, Anda harus mematuhi kebijakan dan struktur mereka, dan Anda berkomitmen pada waralaba selama jangka waktu perjanjian waralaba – seringkali 10 tahun atau lebih. Ini dapat menciptakan konflik dengan keinginan Anda untuk menjadi bos Anda sendiri, dan untuk memiliki kontrol penuh atas bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda. Anda juga terpapar dan terpengaruh sampai taraf tertentu oleh bagaimana sesama pemilik waralaba mengoperasikan unit mereka dan dampak potensial mereka terhadap reputasi merek.

Tidak ada data yang pasti atau memiliki reputasi tentang tingkat keberhasilan waralaba, meskipun statistik yang sering dikutip dan dibantah sebaliknya. Sebagian besar disebabkan oleh kenyataan bahwa waralaba sangat bervariasi di banyak industri. Ada ribuan model waralaba yang tersedia saat ini. Anda harus hati-hati mempertimbangkan nilai yang Anda dapat peroleh dari waralaba, dibandingkan dengan membangun bisnis mandiri Anda sendiri. Dengan harapan dan perencanaan yang benar, waralaba yang memenuhi kebutuhan Anda mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Waralaba yang menawarkan merek yang kuat, peluang untuk leverage kolektif, dan sistem yang komprehensif dan terbukti dapat membantu Anda mewujudkan impian Anda tentang kepemilikan bisnis yang sukses.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *