Bepergian di Indonesia Pesta Makan Kuliner

Indonesia terdiri dari lebih dari 6.000 pulau, yang telah menyebabkan negara ini memiliki beragam budaya, masyarakat, dan masakan. Masakan Indonesia harus dianggap sebagai permata tersembunyi yang tersimpan di dalam Asia Tenggara.

Dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya seperti Cina dan Jepang, makanan dari budaya ini relatif tidak dikenal. Namun itu tidak boleh menjadi penghalang untuk mencobanya, karena memang ada banyak hal yang ditawarkan, dari masakan Sumatra hingga Polinesia.

Makanan yang umum di negara ini telah dibuat dalam rentang waktu yang besar, menarik pengaruh dari negara-negara tetangganya – menjadikannya sebuah pesta yang benar-benar untuk dijelajahi.

Dapatkan Terjebak – Makanlah dengan Tangan Anda!

Adat istiadat bisa sangat berbeda dari yang ada di dunia barat dan mencoba resep Indonesia dapat menjadi pengalaman yang cukup bagi pemakan makanan kasual.

Beberapa perbedaan budaya ini berasal dari bagaimana makanan sebenarnya dimakan. Meskipun resep Indonesia hanya akan menentukan bagaimana makanan disiapkan, makanan biasanya dimakan dengan salah satu dari dua cara. Di beberapa daerah di negara itu, makan dengan garpu dan sendok adalah hal biasa. Namun, tidak seperti dalam budaya Barat, garpu digunakan untuk mendorong makanan ke sendok, di mana ia kemudian ditempatkan ke dalam mulut.

Di bagian lain negara itu, seperti di pulau Jawa, semakin umum makan dengan tangan kosong. Ini biasa terlihat di rumah tangga maupun di restoran dan warung makan. Jika makan dengan tangan, semangkuk air sering disajikan bersama mie ayam jamur, namun itu tidak digunakan untuk memuaskan dahaga seseorang. Atau, digunakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Makanan pokok Indonesia

Seperti di banyak negara Asia lainnya, nasi biasanya digunakan dalam resep Indonesia. Bahan pokok lain di daerah ini termasuk ubi, ubi jalar, serta biji-bijian termasuk jagung dan gandum. Selain itu, banyak sayuran berdaun akan dipanggil dalam resep. Ini termasuk bayam, pepaya dan singkong. Mereka dapat membuat berbagai macam hidangan mulai dari tumis hingga kari dan sup. Termasuk dalam banyak hidangan utama adalah daging, dengan unggas dan ikan menjadi yang paling dominan.

Pengaruh Muslim dan Halal

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya Muslim, masakan Indonesia akan mengikuti hukum halal terkait daging. Akibatnya, daging babi tidak banyak ditemukan di daerah tersebut. Karena negara ini dekat dengan lautan, makanan lautnya juga biasa ditemukan di pasar dan restoran. Ikan serta kerang, kepiting, dan satwa liar lain yang ditemukan di daerah ini biasa digunakan di seluruh Indonesia.

Karakteristik Lebih Lanjut

Masakan Cina tentu saja merupakan pengaruh yang penting, dan saat bepergian ke daerah itu jika Anda melihat restoran yang menggunakan sumpit, Anda dapat yakin bahwa itu menyajikan makanan yang berasal dari Kerajaan Tengah.

Anda akan menemukan sedikit saus kacang dari masakan negara ini – kacang digunakan dalam banyak hidangan. Demikian pula, santan digunakan dalam sejumlah besar hidangan.

Hal yang fantastis tentang makanan Indonesia adalah bahwa ia sangat beragam dan tidak dapat dilabeli sedemikian rupa sehingga beberapa masakan lainnya dapat melakukannya. Terserah Anda untuk menjelajahi 9.000 pulau, dan menemukan hidangan tersembunyi impian Anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *