Hindari Membuang Benda Ini Ke Tempat Sampah

Sejak masa sekolah, tentunya kita diajarkan untuk membuang sampah pada tempat sampah atau tong sampah fiberglass .

Selain itu kita juga di didik untuk mencintai lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat, bersih dan rapi. Namun seiring munculnya banyak benda, tentu menghasilkan sampah yang beragam pula.

Untuk anda yang terbiasa membuang benda tak terpakai ini ke tempat sampah, ada baiknya untuk anda pikirkan lagi setelah membaca artikel ini.

Bisa saja benda tersebut malah menimbulkan hal negatif, sehingga anda malah dianggap membuang sampah sembarangan bila membuang barang ini ke tempat sampah.

  1. Korek gas

Korek gas merupakan sampah yang sangat mudah terbakar, apalagi bila korek masih terdapat gas didalamnya.

Tentu akan sangat berbahaya bila anda membuangnya begitu saja kedalam sampah, mengingat Indonesia masih menerapkan pembakaran sampah untuk mengurangi sampah anorganik.

  • Termometer merkuri

Seperti yang kita tahu, merkuri merupakan bahan yang sangat berbahaya bagi manusia. Apabila anda memiliki termometer ini, ada baiknya anda segera menggantinya dengan termometer elektrik yang banyak dijual.

Sedangkan untuk membuang sampah termometer ini, anda bisa menyerahkan ke pusat pengolahan limbah berbahaya yang ada di sekitar anda.

  • Kosmetik maupun botol bekasnya

Beberapa bahan kosmetik masih memiliki kandungan kimia di dalamnya, seperti merkuri. Hal yang berbahaya adalah, bahan ini tidak akan mampu terurai oleh air.

Akibatnya, kosmetik ini akan mencemari air dan lingkungan bila di buang di tempat sampah.

Anda bisa mendaur ulang sendiri botol kosmetik anda, atau anda bisa memberikan pada perias mayat. Umumnya mereka sangat berterimakasih bila anda memberikan kosmetik expired padanya.

  • Ban bekas

Ketika anda hendak membuang ban bekas ke tempat sampah, sebaiknya anda pikirkan kembali keinginan anda itu.

Pasalnya ban memiliki kandungan kimia didalamnya, sehingga ban mampu mencemari lingkungan apabila berinteraksi dengan benda-benda lain dalam tempat sampah.

Langkah yang tepat adalah, dengan memberikan ban bekas tersebut ke bengkel atau menjualnya.

Itulah beberapa barang yang akan berbahaya bila anda buang di tempat sampah, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *