Ini lhoo hal hal yang membuat karpet anda kotor

Karpet merupakan salah satu perlengkapan di rumah yang mesti penanganan spesifik didalam merawatnya. Cara-cara perawatan yang tidak cukup tepat dapat sebabkan karpet makin tambah kotor dan gampang rusak.

Bersihkan karpet Anda bersama dengan cara yang tepat sehingga tetap awet. Berikut ini tipsnya.

1.Bersihkan Sesering Mungkin

Karpet mesti kerap dibersihkan manfaatkan penyedot debu/vacuum cleaner, terlebih kecuali Anda baru saja memasang karpet. Meski kelihatan bersih, serat-serat pada karpet dapat tercampur bersama dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan sangat lama, kotoran dapat menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk terhitung dapat lebih cepat menyebabkan kerusakan karpet.

Bersihkan karpet bersama dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Fokuskan pada daerah yang kerap di lewati orang, gara-gara biasanya kotoran paling banyak melekat di daerah tersebut.

2. Jangan Berjalan bersama dengan Kaki Telanjang

Banyak orang beranggapan bahwa terjadi di rumah tanpa alas kaki dapat sebabkan karpet bersih lebih lama. Namun asumsi itu tak semuanya benar. Kaki mengeluarkan keringat dan minyak. Saat bersentuhan bersama dengan karpet, minyak dan keringat melekat pada karpet sehingga sebabkan debu dan kotoran gampang melekat. Sebaiknya Mengenakan kaus kaki atau slippers pas terjadi di atas karpet.

3.Jangan Cuci Karpet bersama dengan Sabun

Sebaiknya jangan cuci karpet Anda bersama dengan deterjen atau cairan pembersih yang mengandung sabun. Busa yang dihasilkan sabun dapat meninggalkan sisa-sisa residu yang justru dapat mengikat lebih banyak debu di karpet. Selain itu, residu sabun yang tertinggal terhitung dapat melemahkan serat karpet sehingga sebabkan karpet gampang robek atau rusak.

Bahan paling tepat untuk membersihkan karpet tanpa merusaknya, ternyata lumayan gampang didapat, yakni cuka putih. Campurkan satu botol cuka bersama dengan satu galon air. Siramkan campuran berikut ke atas karpet, sikat sebentar, selanjutnya bilas bersama dengan air bersih. Jangan khawatir rumah Anda dapat berbau cuka, gara-gara baunya dapat hilang didalam 24 jam. Hanya pastikan karpet Anda tidak didalam suasana lembab sangat lama. Jika anda tidak mempunyai waktu untuk membersihkan karpet, anda bisa hubungi Jasa Cuci Karpet

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Sendiri di Rumah

Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang dapat menambah nilai estetika pada ruangan. Selain itu karpet terhitung bermanfaat sebagai alas sehingga tubuh tidak terkena dinginnya lantai pas lihat TV, bermain bersama dengan anak maupun kesibukan lain yang lebih nyaman dikerjakan secara lesehan.

Namun karpet dapat menjadi sarang bakteri dan kuman kalau tidak dirawat bersama dengan baik. Merawat karpet sebenarnya mesti penanganan spesifik tetapi bukan artinya susah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, ini cara-cara tepat dan gampang menjaga dan juga menjaga kebersihan karpet di rumah.

Artikel Terkait: Cara Memilih Jasa Cuci Sofa yang berpengalaman

  1. Penempatan Karpet
    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya, untuk hindari karpet terpapar oleh banyak kuman sebaiknya tempatkan di bagian rumah yang jarang di lewati orang. Hindari memasang karpet di daerah yang biasa dijadikan daerah semua kesibukan dilakukan. Jangan terhitung menyimpan karpet di dekat rak sepatu untuk hindari perpindahan kuman dari bakteri ke karpet. Sebaiknya tempatkan karpet di kamar tidur, area kerja atau area tamu
  2. Jangan Injak bersama dengan Sepatu
    Jangan menginjak atau terjadi di atas karpet kalau Anda tetap mengenakan sepatu atau sandal, terlebih sehabis bepergian seharian. Bagian bawah alas kaki kotor dan sebabkan kuman melekat dan mengendap didalam pas lama
  3. Pasang Keset
    Pasanglah keset di depan pintu masuk rumah untuk mencegah kuman lebih banyak masuk ke rumah. Namun jangan menaruhnya di setiap pintu rumah. Cukup di depan pintu masuk, dekat dapur dan pintu kamar mandi. Cucilah keset secara rutin.
  4. Membersihkan Noda
    Jangan gosok noda pada karpet gara-gara hanya dapat sebabkan noda menyebar lebih lebar dan menyebabkan kerusakan bahannya. Anda dapat membersihkan noda bersama dengan mesin steamer. Arahkan steam panas hanya pada bagian yang bernoda. Uap panasnya dapat melunakkan noda sehingga membersihkannya lebih mudah. Namun cara ini hanya berlaku pada noda baru. Untuk noda lama, salah satu cara menghilangkannya bersama dengan membersihkannya di laundry.
  5. Cuci Secara Rutin
    Cucilah karpet Anda secara rutin, minimal dua kali setahun. Direkomendasikan mencuci karpet pas musim panas gara-gara sinar matahari dapat mengeringkan karpet lebih sempurna. Karpet yang lembab dapat menjadi daerah favorit bersarangnya bakteri.
  6. Pertolongan Pertama pada Noda Karpet
    Saat minuman atau makanan tumpah dan perihal karpet, langsung membersihkan sehingga tidak terlanjur menjadi noda membandel. Anda dapat manfaatkan bahan alami seperti jus lemon, air garam atau air yang dicampur cuka untuk menghilangkannya.
  7. Formula Lembut
    Selalu manfaatkan cairan pembersih alami atau yang formulanya lembut sehingga karpet tidak rusak. Hanya manfaatkan pembersih berformula keras untuk noda yang membandel.
  8. Vakum
    Untuk perawatan harian, membersihkan karpet manfaatkan vacuum cleaner setiap sore atau malam. Disarankan membersihkan karpet di akhir hari sehabis semua kesibukan dilakukan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *