Perkenalkan, Beberapa Mobil Buatan Indonesia Asli

Perkenalkan, Beberapa Mobil Buatan Indonesia Asli

Selama ini Indonesia hanya dikenal sebagai negara konsumen, karena mayoritas penduduknya memang merupakan pemakai dan juga pengguna barang maupun benda yang diproduksi oleh negara lain, khususnya untuk mobil. Kondisi tersebut memang cukup memprihatinkan, mengingat bahwa kita adalah negara yang besar dengan populasi penduduk dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, pantas apabila negara kita dijadikan sasaran empuk untuk memasarkan produksi mobil dari negara lain. Namun, sebenarnya ada lho! Mobil buatan Indonesia asli, hanya saja kehadirannya tidak begitu dilirik masyarakat.

Dari sekian banyak sederetan mobil produksi lokal, yang diketahui oleh masyarakat adalah mobil Esemka. Padahal mobil ini bukan satu-satunya hasil produksi anak negeri. Minimnya pengetahuan tentang mobil buatan negara sendiri, membuat banyak orang lebih mencintai produk asing yang dianggap lebih berperforma dan lebih berkualitas.

Semakin banyak tahu, akan lebih bagus. Setidaknya kita bisa merasa bangga, bahwa Indonesia mampu memproduksi mobil, walau masih merintis sebagai industri berskala kecil.

Coba lihat, inilah penampakan beberapa jenis mobil buatan Indonesia asli!

  • Maleo

Mobil dengan kapasitas mesin 1300 cc ini hadir pada tahun 1996 yang diciptakan karena inisiatif  B.J Habbie yang kala itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Mobil tersebut diproduksi dengan bekerjasama dengan perusahaan Australia. Namun karena adanya proyek mobil nasional, membuat produksi dari mobil Maleo terpaksa dihentikan.

  • Timor

Berkat keputusan Inpres nomor 2 Tahun 1996 mengenai proyek mobil nasional Indonesia, PT. Timor Putra Nasional ditunjuk sebagai perusahaan yang menjalankan proses produksinya. Namun, karena adanya krisis moneter yang berlangsung pada 1998, proyek pengerjaan dari mobil Timor harus dihentikan.

  • Esemka

Sudah banyak yang tahu tentang mobil ini, tapi belum banyak yang menggunakannya. Esemka adalah mobil buatan para siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari kota Solo, sehingga namanya pun dikenal dengan, “Esemka”. Awalnya mobil ini diperkenalkan oleh Bapak Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Walikota Solo, yang mana juga dijadikan sebagai kendaraannya. Sejak saat itu, mobil ini jadi incaran para pejabat Indonesia.

Proses produksi dari mobil masih berlangsung, yang kabarnya pabrik mobil Esemka didirikan di kota Boyolali. Untuk kedepannya, produksi mobil ini diharapkan mampu memikat hati masyarakat luas, hingga mampu berkiprah ke pasar internasional.

  • Beta 97 MPV

Mobil ini diproduksi oleh perusahaan Bakrie Brother pada tahun 1994, proyek tersebut dijalankan dari hasil kerjasama dengan rumah desain Shado dari Inggris. Ketika desain dan prototype dari mobil Beta 97 MPV sudah selesai dikembangkan, tapi pada Desember 1997 proses pengerjaannya proyek dari mobil ini terpaksa dihentikan karena adanya krisis ekonomi yang berlangsung saat itu.

  • Gang Car

Mobil asli Indonesia ini diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia, yang dihadirkan dengan mesin berkapasitas 125 – 200 cc. Desain yang dibawanya begitu mungil, apalagi kapasitasnya hanya untuk 2 orang saja, sehingga mobil ini bisa digunakan untuk melewati gang-gang sempit. Namun, mobil yang diproduksi pada tahun 2003 ini sudah tak terdengar lagi kabarnya.

  • GEA

GEA (Gulirkan Energi Alternatif) merupakan mobil dengan mesin berkapasitas 640 cc yang diproduksi langsung oleh PT. INKA (Industri Kereta Api) kota Madiun. Mobil ini diperkenalkan dalam pameran International Expo (JIExpo) di Jakarta pada tahun 2008, sebagai mobil berbahan gas dan premium. Selain itu, penggunaannya pun lebih irit konsumsi bahan bakar karena sudah menggunakan injeksi EFI. Dikarenakan, mobil ini perlu peralatan ekstra dengan biaya yang tak sedikit, sehingga masyarakat pun enggan untuk memilikinya.

Walaupun keberadaan dari beberapa mobil buatan Indonesia asli tersebut pernah ada, setidaknya hal ini dapat dijadikan pengalaman berharga, agar nantinya negara kita bisa lebih menghargai produksi mobil buatan anak negeri.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *