Tips dan Cara Beli Motor Bekas Di Bandung

Keputusan untuk membeli motor bekas / second adalah sesuatu yang menggiurkan, karena siapa saja bisa mendapatkan motor sesuai dengan keinginan berharga murah. Banyak tempat yang menawarkan hal serupa, salah satunya adalah motor bekas di Bandung, sehingga bagi Anda yang tinggal di kota Kembang, Bandung, keberadaan dari motor kepunyaan mereka bisa dijadikan pilihan.

Kendati demikian, membeli motor bekas bukanlah pekara mudah, siapa saja pun akan bimbang untuk melakukannya. Sebab, akan muncul ketakutan ditipu dan lain sebagainya, padahal hal semacam itu bisa diatasi apabila kita mengantongi pengetahuan tentang tata cara yang harus dilakukan ketika membeli motor bekas.

Ada banyak sekali penjual motor bekas di Bandung, baik itu dealer motor bekas, makelar motor ataupun perorangan yang menawarkan motor pribadinya langsung kepada Anda. Apapun jenis penjual motor yang dipilih, sebaiknya selalu terapkan beberapa cara yang ada di bawah ini, ketika hendak melakukan pembelian sepeda motor bekas.

  • Ketahui Harga Pasar

Pada saat hendak beli motor bekas dari merk dan jenis tertentu, Anda pun harus tahu kisaran harganya di pasaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan riset informasi di media online maupun media cetak. Selain harus mengetahui harga pasaran motor bekas, Anda pun juga harus memiliki kesiapan mengenai informasi biaya balik nama motor, karena informasi tersebut juga diperlukan.

  • Jangan Asal Pilih Penjual

Carilah penjual yang benar-benar dipercaya dan yang sudah punya reputasi yang baik. Pilihlah tempat yang sudah memiliki prosedur penjualan ketat, pastikan pula bahwa motor tersebut berasal dari tangan pertama atau pemilik pertama.

  • Mencoba dan Meneliti Kinerja Motor

Ketika membeli buah di pasar, Anda akan mencobanya dulu untuk mengetahui kualitas rasanya. Begitu pula ketika Anda membeli sebuah motor bekas, karena Anda harus mencoba dan memeriksanya dengan detail. Cobalah untuk melakukan test ride, sehingga Anda bisa mengetahui kinerja mesinnya. Lakukan pengecekan pada bagian lain, seperti body motor, speedometer, kondisi kelistrikan motor hingga memeriksa oli motor.

  • Lakukan Test Ride Lebih Lama

Jangan takut dianggap sebagai calon pembeli yang banyak maunya, karena sebagai pembeli Anda berhak untuk melakukan test ride lebih lama untuk mengetahui apakah fungsi dari motor tersebut benar-benar sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jika tidak mendapat izin, maka pikirkan lagi apakah Anda akan membelinya. Namun, ketika melakukan test ride, sebaiknya ajak serta pemilik motor untuk menghilangkan penilaian negatif darinya.

  • Periksa Kelengkapan Surat-Surat Motor

Jangan langsung deal untuk membeli motor bekas, sebelum memeriksa kelengkapan surat-suratnya, seperti BPKB, STNK hingga faktur pembelian. Pastikan bahwa semuanya sudah sesuai dan lengkap. Apabila semuanya sudah lengkap dan jelas, Anda pun harus mengetahui cara balik nama surat-surat kepemilikan tersebut.

Dimana-mana pembeli adalah raja, sehingga penjual pun harus menuruti kemauan pembeli selama itu masih dalam konteks mengenai proses jual-beli sepeda motor bekas. Untuk itu, jangan khawatir jika dianggap sebagai calon pembeli cerewet, karena pembeli berhak memilih. Apalagi di jaman sekarang ini banyak sekali para oknum yang rela menghalalkan berbagai cara hanya untuk meraup keuntungan lebih.

Agar terhindar dari ulah penjual motor bekas di Bandung yang culas, cobalah untuk menerapkan beberapa tips tersebut, karena tips ini bukan hanya bisa diterapkan ketika hendak beli sepeda motor bekas di kota Bandung saja. Anda pun bisa menerapkan hal serupa ketika ingin beli motor bekas di kota lain.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *