Tonik Otak Herbal Untuk Meningkatkan Memori

Brahmi yang secara tradisional dihormati sebagai pengobatan Ayurvedic populer sebagai hisop air di barat. Nama-nama populer lainnya yang digunakan di berbagai belahan dunia adalah gratiola berdaun thyme dan moneywort. Ini adalah ramuan India asli yang tumbuh dalam jumlah besar di dekat daerah berawa. Brahmi adalah ramuan merayap kecil dengan bunga putih atau merah muda. Terlepas dari India, itu juga tumbuh di Cina, Nepal, Sri Lanka dan bahkan minyak kutus kutus bali sejauh barat seperti di negara bagian Florida AS.

Brahmi adalah Bacopa monnieri menurut klasifikasi binomialnya. Khasiat obatnya berasal dari dua alkaloid utama yang ada di dalamnya – brahmine dan herpestine. Selain itu, ada bahan kimia lain dalam brahmi, termasuk beberapa asam, saponin, dan ester, yang menjadikannya ramuan berharga dalam pengobatan Ayurvedic. Dalam bahasa Ayurvedic, bahan kimia yang ada dalam ramuan ini juga dikenal sebagai brahmi.

Properti

Brahmi dikenal dalam pengobatan Ayurvedic untuk sifat kuratif berikut: –

(i) Brahmi adalah ramuan pahit dan dingin dengan rasa astringent.

(ii) Penelitian terbaru menunjukkan brahmi meningkatkan kecerdasan. Anak-anak di keluarga India ditahbiskan dengan brahmi sejak lama untuk memberi mereka pikiran yang cerdas.

(iii) Brahmi adalah tonik saraf sekaligus kardioik.

(iv) Brahmi membantu memecahkan masalah kemih karena bersifat diuretik.

(v) Brahmi membantu dalam beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tempat baru. Ini adalah adaptogenik.

(vi) Brahmi adalah nootropik, yaitu obat yang meningkatkan kemampuan kognitif.

(vii) Brahmi memiliki sifat antioksidan, karena itu melindungi nutrisi dari teroksidasi (dan karenanya dihancurkan) dalam tubuh.

(viii) Brahmi adalah agen pemurni darah.

(ix) Ekstrak etanol herbal telah memberikan bukti aktivitas anti-karsinogenik pada manusia, tetapi ini belum diteliti secara konkret.

Penggunaan

Brahmi telah digunakan sejak lama untuk pengobatan penyakit-penyakit berikut.

(i) Ketombe

Minyak brahmi mengisi kembali akar rambut. Jika minyak brahmi diterapkan setiap
minyak kutus kutus bali asli malam sebelum tidur, itu akan menyembuhkan semua masalah ketombe dan juga membuat rambut lebih kuat (lihat di ‘Kerontokan Rambut’).

(ii) Epilepsi

Seluruh tanaman brahmi bermanfaat dalam pengobatan epilepsi. Jus tanaman diekstraksi dan digunakan dalam persiapan obat. Dalam pengobatan epilepsi, brahmi secara tradisional digunakan bersama dengan vacha.

(iii) Rambut Rontok

Brahmi terkenal dalam pengobatan Ayurvedic untuk pertumbuhan rambut yang tepat. Sifat antioksidannya memungkinkan nutrisi yang tepat untuk mencapai akar rambut dan dengan demikian meningkatkan pertumbuhannya. Brahmi adalah komponen penting dari banyak minyak herbal. Menggunakan minyak seperti itu membuat kepala menjadi dingin, serta memungkinkan rambut tumbuh dengan mewah dan dengan kilau. Minyak ini juga mencegah ujung rambut bercabang dan berubah warna.

(iv) Insomnia

Brahmi adalah agen pendingin. Ketika diterapkan pada kulit kepala dalam bentuk minyak, brahmi melemaskan otak dan menginduksi tidur yang nyenyak dan nyenyak sepanjang malam. Satu resep Ayurvedic untuk mengobati insomnia adalah sebagai berikut: bubuk brahmi, vacha dan amalaki dibuat dalam proporsi yang sama. Campuran bubuk ini harus dikonsumsi tiga kali sehari dalam dosis satu sendok teh. Bubuk juga bisa diambil dilarutkan dalam secangkir air atau susu.

(v) Masalah Mental

Mungkin penggunaan brahmi yang paling utama adalah dalam pengobatan beberapa masalah mental pada manusia. Diambil secara teratur, brahmi membantu meningkatkan konsentrasi manusia dan meningkatkan daya ingat dan kapasitas retensi mereka. Dipercayai bahwa anak-anak yang menguduskan memberikan minyak brahmi menjadikan mereka individu yang cerdas. Penggunaan minyak brahmi secara teratur efektif dalam mengobati ketidakseimbangan mental, gangguan emosi dan juga dalam pencegahan dan penyembuhan masalah mental geriatri seperti amnesia dan Alzheimer. Brahmi vati, persiapan Ayurvedic penting yang mengandung brahmi bersama dengan jatamansi (muskroot) dan serpagandha (rauwolfia) digunakan sebagai tonik otak.

(vi) Sifilis

Brahmi memiliki sifat antibakteri. Tempel daunnya dioleskan pada luka sifilis. Ini membantu luka sembuh dengan cepat. Aplikasi teratur dari pasta daun brahmi dapat mengobati sifilis sepenuhnya.

Persiapan khusus Ayurvedic

Berikut ini adalah beberapa persiapan Ayurvedic di mana brahmi adalah bahan utama: –

(i) Brahmi ghrita

Brahmi direbus dalam ghee sapi murni bersama beberapa bumbu lainnya. Persiapan ini dikenal sebagai brahmi ghrita. Brahmi ghrita dikonsumsi secara lisan dalam jumlah satu sendok teh dua kali sehari dengan perut kosong bagi orang yang menderita amnesia.

(ii) Brahmi taila

Minyak brahmi digunakan untuk aplikasi di kepala. Selain brahmi, minyak ini juga bisa mengandung amalaki, kapur barus, dll.

(iii) Brahmi vati

Brahmi vati disiapkan dengan mencampur bubuk brahmi dengan jatamansi (muskroot) dan serpagandha (rauwolfia). Ini digunakan sebagai tonik otak. Ini digunakan dalam meningkatkan kapasitas mental, menjadi lebih aktif dan mengurangi kecemasan dan stres.

Tindakan pencegahan

Brahmi memiliki beberapa kekurangan, yang penggunaannya harus dibatasi. Kelebihan brahmi mencegah oksidasi lemak dalam aliran darah. Ini membuat lemak menumpuk di dalam darah, meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *